6 Contoh penggunaan /do yang salah

Panduan untuk Roleplaying

Moderators: DRLRP Helper, DRLRP Administration

User avatar

Topic author
LordBryan
SEMI-PRO PLAYER
SEMI-PRO PLAYER
Posts: 240
Joined: 13 Aug 2017, 21:22
My Name: Goshka
Character Name: Gregori_Galiaskarov
Location: Oblast Oryol, Russia
Interests: ROLEPLAY

24 Jan 2019, 20:53  

Assalamualaikum roleplayer Direcriongaming Roleplay. Kali ini saya akan membahas mengenai penggunaan /do karena masih banyak roleplayer yang sering menggunakan /do yang tidak penting saat beroleplay. Oke langsung saja kita bahas.
Contoh penggunaan /do yang salah:
1) /do Dapat. masih banyak yang sering menggunakan /do seperti ini, padahal sudah jelas ini sangat tidak penting dan mubajir. Beberapa roleplayer masih banyak yang menggunakan /do seperti ini untuk menjelaskan bahwa sesuatu telah didapatkan. Contoh:Image
Di /me yang ada digambar, itu sudah jelas bahwa gelas sprunk tersebut telah diambil dari atas meja, jadi tidak perlu lagi kalian menggunakan /do Dapat. karena roleplaynya sudah jelas jelas gelas itu terambil "jangan memperjelas roleplay yang sudah jelas". Emang kalian bakal gagal kalo ngambil sesuatu? kalaupun gagal, Rpin lagi aja pake /me tapi harus jelas dulu kenapa kalian bisa sampai gagal mengambil barang tersebut?. Contoh: Image
2) /do Terima?. penggunaan /do yang salah berikutnya adalah /do Terima? /do ini biasanya digunakan oleh player jika ada orang yang memberikan sesuatu pada lawan roleplay nya. Contoh: Image
Saya sering menjumpai player yang seperti ini, saat saya memberikan sesuatu pada mereka dengan menggunakan /me, mereka malah menunggu /do Terima? dari saya, ini salah karena /do Terima? ini tidak penting yang seharusnya adalah lawan roleplay itu menerima uang tersebut dengan menggunakan /me dan membalas lawan roleplay yang beberikan uangnya. Contoh:Image
3) /do Bisa? penggunaan /do ini biasanya digunakan oleh player saat akan mengangkat player lain yang sedang Injured. Contoh dalam roleplay merampok, saat lawan roleplay yang dirampok telah Injured karena tembakan pada kepalanya maka lawan roleplay tersebut sudah tidak bisa melakukan apa apa (tidak berdaya), jadi kalian tidak perlu lagi menggunakan /do Bisa? untuk bertanya. Contoh:
Image
Pada gambar diatas adalah contoh roleplay yang salah. Lalu bagaimana cara kita mengetahui bahwa player tersebut sudah tidak berdaya dan tidak bisa melakukan apa apa lagi? Oke disini kita berperan sebagai orang yang mengalami Injured, saat kita mengalami Injured yang harus kita lakukan adalah meroleplaykan kondisi kita pada saat Injured, apakah kita masih sadar? atau kita sudah pingsan?. Contoh:
Image
Nah seharusnya seperti itu kalian meroleplaykan kondisi kalian terlebih dahulu saat mengalami Injured, tujuannya agar si lawan roleplay mengerti kondisi kalian pada saat itu dan dapat meroleplaykan kalian dengan benar. Jadi tidak perlu menggunakan /do Bisa? lagi jika lawan roleplay kita sudah tidak sadarkan diri dan tidak berdaya lagi, semuanya akan fine fine saja jika lawan roleplay kita sudah pingsan dan tidak berdaya.
4) /do Ada perlawanan? Nah... /do ini juga biasa digunakan untuk melakukan aksi roleplay perampokan, saat kita di periksa oleh lawan roleplay kita, mereka akan memeriksa tubuh kita untuk mengetahui barang apa saja yang kita bawa, mereka akan melakukan /me memeriksa seluruh badan stranger yang ada didepannya nah jika kalian tidak membalas roleplay si robber ini kalian akan ditanyakan melalui /do Ada Perlawanan? seharusnya kalian tidak perlu lagi menunggu robber ini melakukan /do seperti itu, karena ini hanya akan mubajir dan tidak penting. Contoh:
Image
Jadi lebih bagusnya lagi kalo kalian lebih kreatif, sebelum lawan roleplay kita menannyakan /do Ada perlawanan? seharusnya kita meroleplaykan situasi pada diri kita sendiri. Ini tidak beda jauh dengan point ke 3. Contoh:
Image
5) /do [Suara /me] saya kira penggunaan /do ini sudah tidak ada, ternyata masih banyak yang menggunakannya contoh penggunaan /do yang salahnya adalah seperti ini. Contoh:
*Tengku Adji mengetuk pintu beberapa kali.
** Tok Tok Tok. ((Tengku Adji))

*Tengku Adji meneguk air dengan perlahan.
** Glek.. glek.. glek.. ((Tengku Adji))


Contoh /do diatas sudah jelas salah. Jika ada player disekitarmu seharusnya merekalah yang meroleplaykannya. Contoh:

Saat kalian meroleplaykan mengetuk pintu.
*Tengku Adji mengetuk pintu beberapa kali.
Saat lawan roleplay kalian melihat text /me kalian muncul dilayarnya.
*Lord Cumiring mendengar suara ketukan pintu.

Saat kalian meroleplaykan minum air.
*Tengku Adji meneguk air dengan perlahan.
Saat lawan roleplay kalian melihat kalian meminum air.
*Lord Cumiring melihat Tengku meminum air.
6) /do Done. masih banyak juga yang menggunakan /do seperti ini /do seperti ini biasanya digunakan oleh player untuk menjelaskan jika /me sesuatu telah berhasil dilakukan. Contoh:
*Tengku Adji membuka perlahan kap mobil
/do Done.

Contoh penggunaan /do diatas itu salah karena /do nya tidak penting dan mubajir "jangan menjelaskan roleplay yang sudah jelas". gunakan /do Terlihat kap mobil terbuka, tapi /do ini digunakan jika ada player yang baru datang ke sekitarmu dan tidak tau jika kamu sedang meroleplaykan mesin didalam kap mobil tersebut, /do Terlihat kap mobil terbuka ini digunakan untuk memberitau player yang baru saja datang disekitarmu.
Untuk kesempatan kali ini mungkin itu saja dulu yang bisa saya bahas selebihnya jika ada yang ingin menambahkan silahkan reply kawan kawan, jangan malu untuk bertanya

Credits:
.communits
lordcumiring

Beberapa kalimat diambil dari kalimat yang beliau sampaikan diguide sebelumnya, saya membuat guide ini hanya dengan menambahkan kalimat penjelas dan gambar yang berbeda agar lebih mudah di pahami
Last edited by LordBryan on 29 Jan 2019, 11:44, edited 6 times in total.
"Whoever does not miss the Soviet Union has no heart. Whoever wants it back has no brain."
“It’s better to be hanged for loyalty than be rewarded for betrayal.”

User avatar

lordcumiring
SEMI-PRO PLAYER
SEMI-PRO PLAYER
Posts: 295
Joined: 14 Apr 2016, 16:13
My Name: D_R_L
Character Name: ROLE_PLAY
Location: Yuzhnoi Dzhakartiy
Contact:

24 Jan 2019, 21:28  

/do Ada perlawanan sbnrnya gak masalah2 bgt. Yg jadi permasalahan adalah ketika /do perlawnana, lawan RPnya cuma jawab /do ada/tidak tanpa /me.

Berguna sekali nih guidenya, sayang dikit yg partisipasi ngebahas permasalahan di drl.
Selamat menunaikan ibadah roleplay bagi yang menjalankannya
Contact:
Discord: lordcumiring#7781
AUSSIE X JAMIE

User avatar

A M O E B A
NEW PLAYER
NEW PLAYER
Posts: 62
Joined: 18 Nov 2018, 15:08
My Name: Arjun Sandi Wiranata
Character Name: Arjun_Wiranata
Location: Jambi
Interests: Every King Would Require The Queen
Contact:

24 Jan 2019, 21:32  

Support +++
Image
Image

User avatar

Simpsons
SEMI-PRO PLAYER
SEMI-PRO PLAYER
Posts: 170
Joined: 11 Dec 2017, 11:33
My Name: Philips
Character Name: Notfound

25 Jan 2019, 05:56  

mantap, emang kalo waktu kita memberikan
"/do ada perlawanan?" sama aja memberikan lawan rp kesempatan (meskipun keadaannya INJURED) mereka memperlambat rp agar PD bisa dtg dan menangkap pelaku.

SO NICE GUIDE.
Image

apa woy?

User avatar

krulcifer
Retired Promotion Team
Posts: 1972
Joined: 07 Nov 2015, 21:32
My Name: Rafli
Character Name: DRL_RP
Location: Lampung

25 Jan 2019, 15:47  

kebiasaan player setelah /do ada perlawanan? gak pernah di lanjutkan di /me nya. apalagi buat player yang suka /do FULL IC atau make /do buat debat/ngobrol. pls hentikan itu ok, untuk kebaikan bersama.
肏你妈

User avatar

Simpsons
SEMI-PRO PLAYER
SEMI-PRO PLAYER
Posts: 170
Joined: 11 Dec 2017, 11:33
My Name: Philips
Character Name: Notfound

21 Nov 2020, 10:39  

Yuk di UP, masih banyak banget player DRL yang pake /do kaya gitu, termasuk faction faction official dari server juga masih banyak yang pake /do kaya gitu
Image

apa woy?

  •   Information
  • Who is online

    Users browsing this forum: No registered users and 1 guest